Logo-Header

TENTANG KAMI

TIM FBE

TEACHER

Aluisius Hery Pratono, Ph.D.

Ketua Departemen Mata Kuliah Umum


  • Scopus
    Scopus
  • Orchid ID
    Orchid ID


Biografi

Aluisius Hery Pratono terdaftar sebagai dosen Jurusan Ilmu Ekonomi di Universitas Surabaya sejak tahun 2000. Beberapa matakuliah yang diampunya antara lain ekonometrika terapan, simulasi ekonomi mikro, ekonomi pembangunan perkotaan, dan strategi internasional. Dia mendapatkan gelar Ph.D. dari Universiti Utara Malaysia, Master in Development Management dari Asian Institute of Management, Philippines, serta Sarjana Ekonomi dari Universitas Gadjah Mada.

 

Latar belakang pendidikan yang beragam serta jaringan yang luas membuat pria kelahiran Yogyakarta ini lebih suka melakukan penelitian lintas bidang ilmu. Dengan dukungan dari beberapa lembaga internasional seperti British Council, International Labour Organization, Hery telah mempublikasikan beberapa artikel tentang kewirausahaan sosial. Bahkan beberapa artikel tentang ekonomi kesehatan juga diterbitkan dari hasil kerjasama dengan Fakultas Biologi, Kedokteran, dan Kesehatan Universitas Manchester UK. 

 

Hasil refleksinya dalam melakukan pendampingan masyarakat juga sempat ditulis dalam beberapa artikel ilmiah. Misalnya, pergulatan dengan petani rotan, asosiasi industri furniture serta sekelompok design muda telah diterbitkan dalam artikel bertemakan global value chain. Projek tersebut dilakukan atas kerjasama Perkumpulan Untuk Usaha Kecil dan Uni Eropa. Tidak hanya di situ saja, Hery setiap tahun juga aktif sebagai kontributor untuk artikel-artikel yang diterbitkan oleh UNESCO, khususnya yang membahas tentang kewirausahaan di negara-negara berkembang.

 

Hery juga aktif sebagai reviewer di jurnal-jurnal internasional. Beberapa hasil review dilacak di halaman Publon. Bahkan dia sempat mendapatkan penghargaan sebagai excellent reviewer dari Journal of Small Business Management yang dikelola oleh the International Council for Small Business.

 

Saat ini, Hery mendapatkan tugas sebagai Ketua Departemen Mata Kuliah Umum di Universitas Surabaya. Lembaga ini bertanggungjawab mengembangkan matakuliah dasar seperti Pancasila dan agama. Harapannya, mahasiswa bisa belajar untuk hidup bersama dengan masyarakat yang mempunyai latar belakang keluarga, budaya, serta cara pandang yang berbeda.

 


Banner Bottom