Logo-Header

TENTANG KAMI

TIM FBE

TEACHER

Prof. Drs. ec. Wibisono Hardjopranoto, M. S.




Biografi

Diangkat sebagai dosen segera setelah lulus Sarjana Muda tahun 1967 –ketika Universitas Surabaya masih bernama Universitas Trisakti Surabaya – berhenti atas permintaan sendiri di tahun1973; diangkat kembali sebagai dosen tetap tahun 1979, mendapat penghargaan sebagai guru besar di tahun 2006, kemudian purna tugas pada usia 70 tahun di tahun 2015.

Dalam perjalanan karirnya, Wibisono pernah menjabat sebagai: Staf Ahli Keuangan pada Wakil Rektor II Ubaya; Pembantu Dekan III, Dekan, Direktur Pascasarjana dan Rektor.

Sebelum menjabat Rektor, aktif memberikan konsultasi manajemen kepada beberapa perusahaan swata di Surabaya dan Sidoarjo; kegiatan ini dilanjutkan setelah selesai menjabat Rektor, hingga sekarang. Wibisono sekarang menjabat sebagai Deputi Presiden Direktur PT Borwita Citra Prima sebuah perusahaan yang bergerak di bidang distribusi (wholesaling).

Sejak tahun 1985 hingga sekarang, Wibisono aktif dalam memberikan komentar tentang perkembangan ekonomi dan bisnis di berbagai media cetak dan elektronik. Sejak tahun 2000 hingga sekarang Wibisono menjadi pembicara utama Dialog Ekonomi-Bisnis mingguan di Radio Mercuty 96 FM.

Buku yang pernah ditulisnya: Dasar-Dasar Akuntansi, Akuntansi Intermediate, Akuntansi Biaya, Teori versus Nujum Keuangan, Investasi, dan Paradigma Akademik.   

 

Penghargaan Yang Pernah Diperoleh:

1. Recognition and Appreciation for Moving Spirit, Leadership and Initiatives and Invaluable Services in Administration during as President of Association of Universities of Asia and The Pacific (29 March 2004 to 21 October 2006), dari The AUAP Officers and Members of The Governing Board. 

2. Temu Tahunan VII Forum Rektor Indonesia dan Seminar Research University serta Indonesia Pasca 2004 dari Forum Rektor Indonesai, 18 Januari 2004.

3. Bhakti Koperasi dan Usaha Kecil dan menengah dari Menteri Negara Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Republik Indonesia, 31 Mei 2010.

4. Mutiara Bangsa (bersama Cak Kartolo dan Sonny) dari Tembang Gesang (Tembang Kehidupan), 17 Oktober 2009.

5. Kesetiaan 10, 15, 20, 25, dan 30 Tahun dari Yayasan Universitas Surabaya, Surabaya. 

 

Moto Hidup:

“Ilmuwan adalah makhluk ampibi, ia memasuki ‘dunia’ rasional dan empiris menghasilkan “buah” bagi kemaslahatan sesama dan kehidupan!”

 

Kesan dan Pesan:

Kunci sukses Ubaya terletak pada rasa kekeluargaan dan profesionalitas sumber daya manusia yang kuat. Kapanpun dan siapapun penghuni Ubaya harus selalu memelihara integrasi internal dan adaptasi eksternal. Ubaya hendaknya mampu mendukung terus-menerus regenerasi bangsa mewujudkan masyarakat yang sejahtera, berbudaya, ber-“bhineka tunggal ika,” meningkatkan peradaban. Ubaya tidak boleh menghasilkan “buah busuk panen pendidikan”.  

 


Informasi Lainnya


Sarjana Muda – Manajemen/Universitas Surabaya [1967]

Sarjana – Manajemen/Universitas Surabaya [1979]

S-2 Magister Manajemen/Universitas Airlangga [1985]

 

Banner Bottom