Logo-Header

PROGRAM STUDI

ILMU EKONOMI


  • Tentang

  • Konsentrasi

  • Pengajar

  • Achievement

  • Berita

  • Events

Konsentrasi



Apa itu Konsentrasi Bisnis Internasional?

Konsentasi Bisnis Internasional dapat pula dikatakan sebagai Peminatan Bisnis internasional, merupakan salah satu konsentrasi/peminatan yang ada di Jurusan Ilmu Ekonomi-Program studi Ekonomi Pembangunan disamping Konsentrasi Perbankan dan Jasa Keuangan. Pada konsentrsi ini mahasiswa dapat belajar hal-hal yang terkait aktivitas bisnis secara nasional dan internasional. Konsentrasi/Peminatan Bisnis Internasional memiliki Mata Kuliah Wajib sebanyak 6 mata kuliah, dan dapat diambil mahasiswa pada semester 6 dan semester 7

Hal ini tidak lain karena Konsentrasi/Peminatan Bisnis Internasional memiliki kurikulum yang up to date, para pengajar baik yang tetap maupun tidak/dari praktisi selalu mengedepankan pengetahuan yang berbasis pada perkembangan tenologi informasi yang sangat dibutuhkan saat ini. Anggota dari Konsentrasi Bisnis Internasional ini, adalah para dosen tetap yayasan yang terdiri dari seorang Profesor, dua orang Doktor dan empat orang Magister. Selain itu para pengampu mata kuliah bisnis internasional didatangkan juga dari para praktisi agar pengetahuan mahasiswa dapat lebih terbuka dan sesuai dengan kebutuhan bisnis masa depan.. Peminat Konsentrasi ini sangat tinggi mengingat kondisi keterbukaan saat ini yang menuntut para pelaku ekonomi dapat mengembangkan usahanya ke luar negeri dan dapat bersaing di pasaran internasional yang semakin kompetitif.

Mahasiswa dapat memiliki:

  1. Sikap: bertakwa kepada Tuhan YME, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, berkontribusi dan berperan dalam peningkatan mutu kehidupan, menghargai keanekaragaman dan dapat bekerjasama, taat hukm dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat.
  2. Penguasaan Pengetahuan: menguasai konsep dasar ilmu ekonomi mikro dan makro secara teoritis dan praktis, metode dan perangkat analisis baik kualitatif maupun kuantitatif, memiliki sikap kepemimpinan dan kewirausahaan, menguasai etika bisnis dan nilai-nilai kemanusiaan (humanity value), menguasai pengetahuan tentang jenis dan regulasi organisasi global, nasional, regional dan global.
  3. Ketrampilan Khusus: Mampu menerapkan kaidah-kaidah ekonomi mikro dan makro untuk mengkaji, mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan ekonomi dan bisnis, mampu berkontribusi dalam menyusun rencana strategis organisasi, mampu berkomunikasi secara kelembagaan secara efektif.
  4. Ketrampilan Umum: mampu menerapkan pemikira logis, sistimatis, kritis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi, mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dibidang keahliannya berdasarkan hasil informasi dan data
  1. Ekonomi Perdagangan Internasional,
  2. Ekonomi Bisnis di Asia,
  3. Aplikasi Ekspor Impor,
  4. Strategi Internasional,
  5. Topik Kontemporer Bisnis Internasional,
  6. Seminar Bisnis Internasional

Para lulusan memiliki prospek yang sangat bagus untuk melanjutkan karir di era yang semakin mengglobal ini, tidak hanya sebagai dosen akan tetapi bias sebagai pengusaha yang bergerak secara internasional. Banyak peluang yang sangat menjanjikan untuk terjun dan bekerja disektor bisnis, baik bisnis yang dikelola pemerintah maupun swasta., tetapi peluang untuk memasuki dunia usaha sangat besar

konsentrasi
Apa itu Perbankan dan Jasa Keuangan?

Institusi Perbankan dan Jasa Keuangan berperan penting dalam perkembangan bisnis nasional dan global. Peminatan ini mempelajari lingkungan bisnis khususnya pengelolaan perbankan dan jasa keuangan, antara lain analisis pembiayaan, manajemen treasury, serta topik kontemporer perbankan dan jasa keuangan. Muatan praktik juga diberikan, antara lain praktika perbankan, kunjungan ke institusi keuangan, perusahaan, otoritas jasa keuangan, serta bank sentral. Kuliah umum oleh para praktisi dan pejabat regulator Jasa Keuangan secara terencana dan terstruktur dimaksudkan untuk memperkaya dan memperkenalkan pengetahuan dan wawasan peserta didik. Perkembangan teknologi, khususnya informasi, tidak luput dari pembahasan secara komprehensif atas fakta-fakta kontemporer dalam diskusi-diskusi intensif.

Peminatan ini akan menjelaskan banyak hal yang terjadi dengan pasar keuangan, lembaga keuangan, dan uang. Hal ini selalu menjadi perhatian besar bagi berbagaii pihak. Pelajaran akan uang, perbankan, dan pasar keuangan akanmemberi Anda pemahaman mengenai banyak hal menarik dan mengedepankan pengetahuan berbasis perkembangan teknologi informasi yang disesuaikan dengan kebutuhan industri jasa keuangan di masa depan. Untuk menunjang hal tersebut, konsentrasi Perbankan dan Jasa Keuangan berusaha menerapkan kurikulum yang up to date, memfasilitasi mahasiswa dengan sarana dan prasarana yang lengkap, serta tenaga pengajar yang profesional. Kemudian, mahasiswa akan dibekali dengan pengembangan pengetahuan praktikal yang mempersiapkan mereka agar siap menghadapi industri kerja yang sesungguhnya.

  • Mampu menguasai ketrampilan administrasi dan manajemen di lembaga keuangan bank dan bukan bank, baik konvensional maupun syariah.
  • Mampu melakukan identifikasi permasalahan dan peluang serta membuat rekomendasi pemecahan masalah di lembaga keuangan bank dan bukan bank, baik konvensional maupun syariah.
  • Mampu merumuskan strategi di lembaga keuangan bank dan bukan bank, baik konvensional maupun syariah.
  • Menguasai dan mampu menjalankan Standar Operasional Prosedur (SOP) secara bertanggung jawab di lembaga keuangan bank dan bukan bank, baik konvensional maupun syariah.
  • Manajemen Asuransi
  • Manajemen Treasury
  • Analisis Kredit
  • Administrasi Manajemen Bank
  • Topik Kontemorer Perbankan dan Jasa Keuangan
  • Seminar Perbankan dan jasa Keuangan

Lembaga Keuangan Perbankan dan Non-perbankan (Asuransi, Leasing, Pasar Modal, Factoring, Pegadaian, dan lain-lain) konvensional dan Syariah, regulator (Otoritas Jasa Keuangan dan Bank Indonesia), perusahaan swasta berskala nasional dan internasional, BUMN, serta wiraswasta mandiri. \

Peluang Karir: Pengambil kebijakan atau manajemen bahkann CEO perusahaan jasa keuangan dan orgnisasi lain.

konsentrasi

BE PART OF US!