Logo-Header

PROGRAM STUDI

MANAJEMEN


  • Tentang

  • Konsentrasi

  • Pengajar

  • Achievement

  • Berita

Konsentrasi



Apa itu Konsentrasi Manajemen Pemasaran?

Manajemen Pemasaran merupakan ilmu dan seni yang mempelajari tentang perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, , pengendalian serta evaluasi proses dan kegiatan pemasaran barang dan jasa untuk memenuhi harapan pelanggan dan tujuan perusahaan/organisasi. Memilih konsentrasi Manajemen Pemasaran adalah pilihan yang sangat tepat. Kuliah di konsentrasi Manajemen Pemasaran mahasiswa akan selalu belajar untuk berpikir dan bertindak secara kreatif dan inovatif serta mendapatkan ilmu yang ”up to date” sesuai dengan perkembangan tren dan teknologi.

Konsentrasi Manajemen Pemasaran mencetak Lulusan yang siap menjadi creative thinker dan decision maker. Metode pembelajaran dilakukan secara fun, menggabungkan teori, praktik, pelatihan, studi kasus, magang, serta company visit yang dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan dunia bisnis/industri dan berbagai organisasi profesi di bidang pemasaran. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang tangguh, berkarakter, dan siap memenangkan bisnis bisnis di era digital. Disamping kuliah secara reguler, mahasiswa mendapat kesempatan untuk mengikuti company visit, magang, seminar/workshop, lomba maupun pelatihan yang ditujukan untuk mempertajam dan memperkaya pengetahuan dan keterampilan mahasiswa.

Dengan mempelajari konsep-konsep dan teori sesuai dengan deskripsi manajemen pemasaran, diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan dan mengiplementasikan ilmu yang diperoleh di dunia bisnis/industri. Konsentrasi Manajemen Pemasaran mampu menyumbang pada pengembangan capaian pembelajaran program studi (kompetensi lulusan), yaitu mampu menguasai pengetahuan tentang fungsi bisnis dan ilmu manajemen yang sesuai dengan dinamika bisnis nasional dan global. Secara khusus menguasai ilmu perilaku konsumen yang bermanfaat dalam penyusunan strategi pemasaran.baik di tingkat nasional maupun global

  1. Social Media Marketing
  2. Pemasaran Global
  3. Riset Pemasaran Strategi Pemasaran
  4. Seminar Pemasaran

Prospek pekerjaan sangat luas diantaranya menjadi manager dan konsultan pemasaran, wirausahawan, konsultan riset pasar dan perilaku konsumen, konsultan dan creator Komunikasi pemasaran serta Digital Maketing Plan yang sangat penting di era digital saat ini. Bahkan di era digital saat ini kegiatan pemasaran secara mandiri bisa dilakukan dengan cara yang sangat efektif dan efisien meski hanya melalui gadget

konsentrasi
Apa itu Lab manajemen SDM?

Laboratorium MSDM (Manajemen Sumberdaya Manusia) dengan peminatan Empowerment dan Entrepreneurship dimana melalui peminatan studi ini mahasiswa akan mempelajari mengenai pemberdayaan diri agar mengalami proses pertumbuhan dalam meningkatkan kompetensi diri, terkait dalam mengembangkan kemampuan berpikir, berperilaku, bertindak, mampu mengontrol pekerjaan serta mengambil keputusan secara lebih tangguh dan mandiri. Juga pemberian pembekalan serta penugasan untuk observasi lapangan terhadap kegiatan-kegiatan wirausaha yang telah berlangsung di masyarakat saat ini sehingga meningkatkan kreativitas, inovasi serta ketrampilan juga memotivasi mahasiswa agar terjun ke dunia kewirausahaan. Dalam dua peminatan ini dalam pembangunan karakter diri juga banyak soft skills yang didapatkan, antara lain leadership skills, critical dan creativity thinking, communication skills, negotiation skills.

Melalui berbagai materi mata kuliah yang ada dalam peminatan ini yang menerapkan kurikulum up to date serta menggunakan berbagai metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan sasaran pembelajaran serta ditunjang dengan para tenaga pengajar yang profesional dan berpengalaman serta memfasilitasi mahasiswa dengan sarana dan prasarana yang menunjang, maka mahasiswa belajar mengunakan berbagai aplikasi Human Resouces sehingga meningkatkan kemampuan profesional bekerja serta meningkatkan kompetensi dalam pekerjaan dalam membangun karir profesional yang sesuai dengan tuntutan kompetensi global serta kebutuhan industri saat ini dan masa depan. Selain itu juga mendorong perkembangan minat mahasiswa dalam menggeluti dunia wirausaha melalui pemberian pembekalan keilmuan dan praktik sehingga membentuk jiwa kewirausahaan dan memotivasi mahasiswa agar terjun ke dunia kewirausahaan dalam membangun start up business.

  1. Mahasiswa memahami konsep, mampu mengaplikasikan, dapat berpikir analitis, kritis, sistematis serta kreatif dalam memberikan solusi dalam menyelesaikan masalah.
  2. Membentuk kompetensi mahasiswa secara seimbang terkait kebutuhan hard skills dan soft skills yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja.
  3. Membentuk karakter kepemimpinan yang sesuai dengan etika dan menjunjung nilai-nilai profesionalisme dalam bekerja.
  • Human Resources Digital
  • Human Resources Analyst
  • Human Resources Audit, Advanced Enterpreneurship
  • Ventures Entreprices Strategy
  • Training Management
  • Business Skills.

Prospek Karir: Entrepreneur, trainer, HR consultant, HR Auditor, HR Analyst, HR Manager, and Training organizer.

Peluang Karir: Motivator, Public Relation of companies

konsentrasi
Apa itu Manajemen Jejaring Bisnis?

Manajemen Jejaring Bisnis ini merupakan bagian dari Laboratorium Manajemen Operasi di Jurusan Manajemen FBE. Dalam peminatan Jejaring Bisnis ini mempelajari proses aktivitas yang ada dalam mata rantai bisnis untuk menghasilkan barang dan jasa sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Agar mencapai tujuan pembelajaran yang utuh, maka proses pembelajaran di peminatan ini disertai dengan kegiatan pendamping perkuliahan dalam bentuk studi tour dan workshop. Peminatan Manajemen Jejaring Bisnis menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan kompetensi dan keterampilan diri dalam bekerjasama di dalam lingkup operasional bisnis agar mampu menyesuaikan kebutuhan dunia usaha dan industri masa depan.

Peminatan Manajemen Jejaring Bisnis menyadari bahwa perkembangan bisnis dewasa ini sangat pesat dan untuk menjadi unggul dibutuhkan partner bisnis. Adanya partner bisnis membuat cakupan jaringan bisnis menjadi luas. Di sisi lain kemampuan diri juga harus diasah untuk mampu mengelolah bisnis dan mencari partner yang kompeten. Bisnis proses yang terjadi tidak hanya pada bentuk yang barang namun juga untuk jasa.

Untuk menunjang hal tersebut, peminatan Manajemen Jejaring Bisnis menerapkan kurikulum yang up to date disertai kunjungan lapangan pada sector bisnis dan workshop untuk menunjang ketrampilan mahasiswa. Kampus memberikan fasilitasi sarana dan prasarana yang lengkap dan memadai pada mahasiswa serta tenaga pengajar yang profesional)

(mengacu pada kurikulum dan LO konsentrasi) Sesuai dengan yang tertulis di SKPI Program Studi (Sarjana Ekonomi) yang meliputi sikap, penguasaan pengetahuan, ketrampilan khusus dan ketrampilan umum. Pemahaman operasional bisnis, kemampuan mengelola proses untuk menghasilkan produk, kecakapan berkomunikasi, ber-etika dan professional. Memiliki wawasan yang luas untuk menghadapi tantangan di jejaring bisnis global.

  1. Manajemen Logistik
  2. Manajemen Pembelian dan Sediaan
  3. Strategi Bisnis Digital
  4. Topik Kontemporer Logistik
  5. Manajemen Relasi Bisnis
  6. Manajemen Transportasi
  7. Manajemen Rantai Pasokan Global.

Lingkup karir di peminatan ini meliputi sector manufaktur, Research & Development, Warehousing/Inventory, Customer Relationship, Purchasing, Bisnis Star-Up, Distributor dsb

konsentrasi
Apa itu Manajemen Layanan dan Pariwisata

Manajemen Layanan dan Pariwisata ini merupakan bagian dari Laboratorium Manajemen Operasi di Jurusan Manajemen FBE. Dalam peminatan layanan dan pariwisata ini mempelajari penyediaan dan pengelolaan usaha di bidang jasa baik yang bergerak di sector pariwisata atau non pariwisata (bisnis jasa). Agar mencapai tujuan pembelajaran yang utuh, maka proses pembelajaran di peminatan ini disertai dengan praktek/kuliah lapangan. Praktek/kuliah lapangan dapat dilakukan di dalam dan luar kampus. Peminatan Manajemen Layanan dan Pariwisata menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan kompetensi dan keterampilan diri dalam bekerjasama di bidang layanan dan pariwisata agar mampu menyesuaikan kebutuhan dunia usaha dan industri masa depan.

Peminatan Manajemen Layanan dan Pariwisata menyadari bahwa Indonesia memiliki potensi wisata yang beragam dan luar biasa. Sebagai warga negara yang cinta tanah air, maka sudah sepatutnya bergerak untuk memelihara dan menggali potensi diri dalam pengelolaan yang berkelanjutan. Gambaran bisnis pariwisata tentunya tidak akan lepas dengan sector layanan (jasa). Produk layanan (jasa) ini sendiri selalu menyertai semua bidang usaha dewasa ini. Untuk menunjang hal tersebut, peminatan Manajemen Layanan dan Pariwisata menerapkan kurikulum yang up to date disertai praktek lapangan. Kampus memberikan fasilitasi sarana dan prasarana yang lengkap dan memadai pada mahasiswa serta tenaga pengajar yang profesional.

(mengacu pada kurikulum dan LO konsentrasi) Sesuai dengan yang tertulis di SKPI Program Studi (Sarjana Ekonomi) yang meliputi sikap, penguasaan pengetahuan, ketrampilan khusus dan ketrampilan umum. Pemahaman pada service management, kemampuan merancang produk layanan dan pariwisata, kecakapan berkomunikasi, ber-etika dan professional. Memiliki wawasan yang global di industry hospitality.

  1. Hospitality Manajemen
  2. Bisnis Pariwisata
  3. Manajemen Hubungan Pelanggan
  4. Manajemen Hotel
  5. Manajemen Restoran
  6. Customer Service Manajemen
  7. Topik Kontemporer Hospitality.

Lingkup karir di peminatan ini meliputi sector perhotelan, restoran, transportasi, kelola wisata, customer service/customer relationship di berbagai sector bisnis, biro travel, event organizer dsb

konsentrasi
Apa itu Konsentrasi Keuangan, Investasi & Intermediasi Keuangan?

Rumpun ilmu di bidang keuangan yang berfokus pada pencapaian kesejahteraan pemegang saham melalui keputusan-keputusan keuangan stratejik di era perubahan teknologi digital keuangan secara global. Mahasiswa diharapkan memiliki keunggulan dalam hal kemampuan menganalisis dan mengintegrasikan aspek-aspek penilaian untuk pengelolaan keuangan korporat dan personal. Pemahaman dunia investasi di pasar modal termasuk fungsi intermediasi keuangan juga menjadi kelebihan konsentrasi ini. Mahasiswa tidak hanya dituntut kemmpuan akademisnya, namun wawasan & keahlian softskill seperti bernegosiasi, komunikasi & networking akan dilatih sebaik kemampuan cognitive. Pembangunan karakter meliputi integritas dan kejujuran juga menjadi “concern” untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi pribadi yang mature selain keahlian di bidang keuangan.

Konsentrasi ini memiliki keunggulan dalam hal penguasaan ilmu keuangan yang dapat diimplementasikan untuk jenis indusri apapun dan di belahan negara manapun. Hal ini dikarenakan pembelajaran di bidang keuangan secara universal memiliki prinsip-prinsip yang standar secara internasional sehingga dapat diaplikasi secara konsisten. Oleh karena itu lulusan dari konsentrasi ini tidak perlu kuatir untuk pengembangan keilmuan dan karier di industri ke depannya. Selain itu, konsentrasi ini menyiapkan mahasiswa untuk posisi-posisi strategis di industri keuangan dengan kurikulum yang blending dengan beragam sertifikasi profesi di bidang industri keuangan. Dengan demikian mahasiswa sudah bisa mendapatkan gelar sertifikasi profesi sebagai nilai tambah saat lulus.

Sikap:

S2: Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
S5: Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
S6: Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
S7: Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S8: Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
S9: Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
S10: Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;

Penguasaan Pengetahuan (PP):
P1: Menguasai konsep teoretis, metoda dan perangkat analisis fungsi manajemen (perencanaan, pelaksanaan, pengarahan, pemantauan, evaluasi, dan pengendalian) dan fungsi organisasi (pemasaran, sdm, operasi, dan keuangan) pada berbagai jenis organisasi;
P2: Menguasai konsep dan teknik menyusun rencana strategis dan menjabarkannya dalam rencana operasional;
P5: Menguasai minimal satu metode penelitian (studi kasus, kesejarahan, survei, simulasi, dan eksperimen pada lingkup kualitatif dan kuantitatif, secara eksploratif, deskriptif, dan verifikatif);
P6: Menguasai etika bisnis dan nilai-nilai kemanusiaan(humanity values);
P7: Menguasai pengetahuan tentang jenis dan regulasi organisasi lokal, nasional, regional, dan global;
P9: Menguasai minimal salah satu bahasa internasional.
P10: Menguasai pengetahuan tentang fungsi bisnis dan ilmu manajemen yang sesuai dengan dinamika bisnis nasional dan global.

Ketrampilan Khusus:
K1:Mampu merumuskan fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, penyusunan staf, pengarahan, dan pengendalian serta evaluasi) pada level operasional di berbagai tipe organisasi;
K2: Mampu melaksanakan fungsi organisasi (pemasaran, operasi, sumber daya manusia, keuangan, dan strategi) pada level operasional di berbagai tipe organisasi;
K3: Mampu mengidentifikasi masalah manajerial dan fungsi organisasi pada level operasional, serta mengambil tindakan solutif yang tepat berdasarkan alternatif yang dikembangkan, dengan menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan yang berakar pada kearifan lokal;
K4:Mampu berkontribusi dalam penyusunan rencana strategis organisasi dan menjabarkan rencana strategis menjadi rencana operasional organisasi pada level fungsional;
K5: Mampu mengambil keputusan manajerial yang tepat di berbagai tipe organisasi pada tingkat operasional, berdasarkan analisis data dan informasi pada fungsi organisasi;
K6: Mampu melakukan kajian empirik dan pemodelan dengan menggunakan metode ilmiah pada berbagai tipe organisasi berdasarkan fungsi organisasi;
K7: Mampu berkomunikasi secara efektif secara lintas fungsi dan level organisasi.
K8: Mampu memanfaatkan IPTEK untuk membantu pengambilan putusan manajerial;
K9: Mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang fungsi bisnis dan ilmu manajemen yang sesuai dengan dinamika bisnis nasional dan global.

Ketrampilan Umum:
KU1: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
KU2: Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
KU3: Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
K5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
K7: Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
K9: Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
K10: Mampu berpikir kritis dan mengambil keputusan dalam berbagai situasi bisnis.
K11:Mampu berpikir kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
K12: Mampu bekerja sama secara efektif dalam tim.

Strategi Investasi Global, Teori & Riset Keuangan, Penilaian Aset Keuangan, Keuangan Personal, Manajemen Risiko, Keuangan Korporat Internasional, Kasus Bisnis Keuangan Dan Investasi.

Financial Analyst, Manajer Risiko, Direktur Pelaporan Keuangan, Chief Financial Offer (CFO), Credit Analyst, Manajer dari Analisis Keuangan Badan Usaha, Akademisi (Researcher), Manajer Investasi, Konsultan Keuangan, Financial Planner, Entrepreneur

konsentrasi

BE PART OF US!