Logo-Header

PROGRAM STUDI

AKUNTANSI


  • Tentang

  • Pengajar

  • Achievement

  • Berita



APA ITU JURUSAN AKUNTANSI?

Akuntansi, pengetahuan yang mempelajari bagaimana laporan keuangan disusun dan digunakan, adalah isu penting dalam bisnis. Perusahaan keluarga, negara, multinasional membutuhkan akuntansi. Kebutuhannya yaitu penyusunan laporan keuangan, audit, perpajakan, sistem informasi dan pengukuran kinerja internal organisasi. Bahkan, untuk individu, akuntansi bisa membantu strategi perencanaan keuangan dan perpajakan.

Akuntansi kontemporer telah mengembangkan pengetahuan tentang bagaimana informasi bisnis digunakan, baik melalui visualisasi data maupun simulasi keputusan. Pengetahuan ini yang tidak terpisahkan dalam akuntansi.

Adapun konsentrasi akuntansi di UBAYA adalah

Financial Accounting and Capital Market, Taxation. Social and Environmental Accounting, Management Accounting in Digital Economy, Audit and Assurance.

PROGRAM
PROGRAM
MENGAPA JURUSAN AKUNTANSI?

JAU is one of the best-studied accounting departments in Indonesia. The indicator is the student's achievement in the national accounting competition, which annually wins dozens of competitions. All JAU academics have a minimum of a master's degree, and most have a doctoral degree. They are prominent academics who have experience as speakers at national/international seminars and book authors. In addition to being prominent academics, JAU academics have experience in business practices both as business owners, auditors, management/tax/systems consultants, and administrators of professional associations and social organizations. The combination of its academics and students' achievements makes JAU a top choice for studying accounting.



Info lebih lanjut



Visi & Misi

VISI Menjadi Jurusan Akuntansi terkemuka melalui kontribusi signifikan bagi masyarakat

MISI 

  1. Menyediakan pendidikan akuntansi yang inovatif bagi pemimpin bisnis di masa depan melalui kurikulum pembelajaran yang memperkuat etika, profesionalitas dan kepemimpinan.
  2. Memajukan penelitian di bidang akuntansi yang memberi kontribusi bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan praktik bisnis.
  3. Meningkatkan kontribusi signifikan di bidang akuntansi melalui pengabdian kepada masyarakat.

Pembelajaran JAU memiliki pilar karakter, teknologi informasi dan internasionalisasi. Selain menggunakan aturan perpajakan, akuntansi dan audit nasional, JAU juga menggunakan standar internasional di bidang akuntansi, audit dan sistem informasi. Isu-isu teknologi informasi juga merupakan bagian yang tak terpisahkan dari proses pembelajaran. Adapun karakter positif dibangun selama proses pembelajaran.

Profil lulusan JAU memiliki keterkaitan dengan capaian pembelajaran lulusan melalui setiap mata kuliah yang ditawarkan. Setiap mata kuliah akan dilengkapi dengan capaian pembelajaran dalam hal sikap, penguasaan pengetahuan, ketrampilan umum, dan ketrampilan khusus.

Lulusan JAU memiliki kompetensi utama sebagai profesional di bidang akuntansi. Contoh profesinya adalah akuntan publik, akuntan keuangan, konsultan manajemen, konsultan perpajakan, akuntan manajemen, konsultan sistem informasi akuntansi, auditor internal, akuntan pendidik dan akuntan di sektor non profit, sistem analis dan profesi keuangan lainnya yang berkaitan dengan pelaporan bisnis dan keuangan. lulusan JAU juga ditempa untuk memiliki kompentensi lain yaitu menjadi menjadi pebisnis (wirausaha). Kompetensi ini penting mengingat akuntan bisa berpraktik mandiri atau membuka kantor konsultan manajemen, kantor jasa akuntansi, kantor akuntan publik dan praktik lainnya yang diperbolahkan oleh Kementerian Keuangan RI ataupun digital startup yang relevan dengan pengembangan kompetensi profesi akuntansi.



BE PART OF US!