Logo-Header

PROGRAM STUDI

ILMU EKONOMI


  • Tentang

  • Konsentrasi

  • Pengajar

  • Achievement

  • Berita

  • Events
APA ITU ILMU EKONOMI?

Ilmu Ekonomi adalah disiplin ilmu sosial yang mempelajari bagaimana mengalokasikan sumber daya untuk kepentingan produksi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan.

Teori dan terapan di Jurusan Ilmu Ekonomi menggunakan cara berpikir optomasi dikarenakan selain ada tujuan pelaku ekonomi juga ada kendala atau keterbatasan.

Oleh karena itu Ilmu Ekonomi saat ini berkembang ke banyak bidang seperti misalnya Ekonomi Energi, Ekonomi Kesehatan. Di UBAYA, dua peminatan disediakan untuk mahasiswa, yakni Peminatan Perbankan dan Jasa Keuangan serta Peminatan Bisnis Internasional, yang merupakan kekhasan Ilmu Ekonomi UBAYA.

PROGRAM
PROGRAM
MENGAPA ILMU EKONOMI?

Belajar Ilmu Ekonomi di UBAYA mahasiswa menjalani pembelajaran Ilmu Ekonomi yang berorientasi pada bidang Bisnis. Konsep, Teori, dan Metode dipelajari dan digunakan untuk menganalisis dan kemudian memberikan pemecahan masalah ekonomi dan bisnis.

Untuk itu mahasiswa dibekali dengan konsep-konsep dasar dan teori ekonomi dan bisnis. Dengan pondasi itu kemudian diberikan metode-metode dasar Akuntansi, Manajemen, dan Keuangan serta berbagai metode di peminatan Bisnis Internasional dan Perbankan dan Jasa Keuangan.

Untuk menunjang itu mahasiswa mendapatkan pelatihan seperti misalnya prosedur dan administrasi ekspor dan impor dan pengenalan metode pengambilan putusan serta forecasting ekonomi dan bisnis berbasis data, dengan menggunakan software. Mahasiswa juga disediakan kesempatan mengenal langsung praktik bisnis di berbagai perusahaan dengan melakukan studi lapangan dan atau memilih magang sesuai minat.



Info lebih lanjut



Visi & Misi

Visi: Menjadi pusat pembelajaran unggul di bidang ekonomi bisnis yang berkomitmen kepada pengembangan karakter, kompetensi profesional, dan jiwa kepemimpinan.

Misi: Menyelenggarakan pendidikan ekonomi bisnis berkualitas dan berdaya saing untuk berperan sinergis kepada pelayanan dan pengembangan masyarakat guna mencapai kualitas hidup lebih baik.

Mahasiswa mampu melakukan analisis, membuat rekomendasi dan strategi, dalam pemecahan masalah di bidang bisnis dan ekonomi dengan menggunakan teori, konsep dan berbagai metode terapan khususnya di bidang bisnis internasional dan perbankan dan jasa keuangan dalam lingkup globalisasi dan perkembangan teknologi digital.

  1. Memiliki kecakapan menyelesaikan pekerjaan sesuai standar
  2. Memiliki kemampuan konsep dan praktik memberikan strategi di bidang bisnis
  3. Memiliki dasar kemampuan memimpin tim dan kemampuan belajar dari masalah yang dihadapi
  4. Memiliki sikap dan kepribadian yang baik

Silahkan klik link di bawah: 

LINK SKRIPSI



Sebagai alumni FBE Universitas Surabaya khususnya jurusan Ilmu Ekonomi Konsentrasi Bisnis Internasional, banyak hal yang bias saya pelajari yang berguna dan relate dengan bidang pekerjaan yang saat ini saya tekuni,. Selain itu banyaknya tanya jawab dalam diskusi pada saat perkuliahan melatih saya untuk dapat dan berani berpendapan untuk hal-hal yang positif.

Theresia Vionanda (Thea)
Sales Coordinator/Marketing Representative Tai and Chyun Associates Industries Inc. Sby. Kantor pusat di Taiwan.

Menjadi mahasiswa UBAYA merupakan modal bagi saya untuk berkembang lebih baik di dunia kerja. Tidak hanya Ilmu akademik, rasa kekeluargaan yang kuat antara mahasiswa dan dosen memberi saya ilmu kehidupan.

Heidinar Megajulian Kusdianto, S.E
Purchasing Staff / AEO Secretary PT. Trust Trading Indonesia

Kuliah di Ilmu Ekonomi konsentrasi Perbankan dan Jasa Keuangan FBE UBAYA, mengajarkan saya banyak hal. Misalnya tentang menganalisa kebijakan dan sistem keuangan di Indonesia baik secara mikro dan makro yang dapat saya terapkan untuk pekerjaan saya saat ini. Selain itu, kita bisa mengikuti penelitian bersama dosen dengan Bank BI yang seru dan mengasah kemampuan.

Ni Komang Widyawati
Account Officer - Bank Panin Surabaya

Ilmu Ekonomi merupakan dasar pembelajaran dalam Ekonomi dan Bisnis. Berkuliah dan menjadi bagian dari Peminatan Perbankan dan Jasa Keuangan, Jurusan Ilmu Ekonomi, FBE, Universitas Surabaya merupakan suatu kebanggaan dan akan selalu menjadi ilmu dasar utama dalam keseluruhan pengabdian saya dalam dunia pendidikan.

Dr. Amelia, SE, RFP-I, MM, CSMA
Associate Professor, Ketua Program Studi Manajemen, UPH Kampus Surabaya

Kuliah di Peminatan Perbankan dan Jasa Keuangan, Jurusan Ilmu Ekonomi, FBE, Ubaya membuat saya banyak belajar tentang kemampuan problem solving dengan menerapkan ilmu yang telah dipelajari. Serta pengalaman berorganisasi untuk menjalin relasi dengan orang lain dan dunia kerja.

Firzah Fakhirah
Sekretaris - Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Daerah Istimewa Yogyakarta

BE PART OF US!